METODE SMART UNTUK PENENTUAN PENJURUSAN SISWA DI SMAN 1 JAMBLANG

Penulis

  • Tommy Wiranto

Kata Kunci:

Siswa, Pemilihan, Jurusan, SMART

Abstrak

Pendidikan mempunyai peranan yang amat menentukan, tidak hanya bagi perkembangan dan perwujudan dari individu tetapi juga bagi pembangunan suatu bangsa dan negara. Ketika seseorang memperoleh pendidikan yang baik. Dunia pendidikan melakukan berbagai pembenahan dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran. Tiap tahun banyak siswa smp yang lulus dan untuk lanjut menempati ke jenjang yang tinggi yaitu SMK atau SMA. Namun mengingat proses penyeleksian yang sedang berjalan masih di lakukan secara manual sehingga banyak permasalahan yang terjadi. Proses penilaian hasil test masih tidak teliti. Hasil penilaian di lakukan tidak transparant dengan ada nya kecenderungan subjektif. Belum adanya penerapan yang dapat memperoleh keputusan untuk pemilihan jurusan.

Hal ini tentunya akan lebih efisien dari waktu dan pemilihan jurusan dalam proses seleksi apabila pihak sekolah melibatkan sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu dalam menyeleksi jurusan yang berhak menerima dari calon siswa ke lima jurusan tersebut. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk sistem pendukung keputusan adalah dengan metode SMART (Simple Multi – Atribut Rating Technique).

Hasil penelitian ini adalah aplikasi sistem pendukung keputusan untuk proses seleksi pemilihan jurusan pada SMAN 1 Jamblang yang dapat membantu mempermudah pekerjaan dan meminimalisir kesalahan yang dilakukan pihak sekolah di SMAN 1 Jamblang dalam mengambil keputusan untuk menentukan pemilihan jurusan bagi calon siswa/i baru. Selain itu sistem pendukung keputusan untuk proses seleksi pemilihan jurusan juga dapat dilakukan dengan lebih optimal dan waktu yang di perlukan untuk menyusun dan mengevaluasi penyeleksian siswa yang mengajukan pendaftaran calon siswa baru tersebut menjadi efisien.

Unduhan

Diterbitkan

2021-11-05

Terbitan

Bagian

Articles