ALGORITMA K-MEDOIDS CLUSTERING UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PENJUALAN PRODUK PADA DISTRO BEGAN GORGEOUS

Penulis

  • M. Ghaney A

Kata Kunci:

Algoritma K-Medoids, Data Mining, Strategi Penjualan Produk

Abstrak

StrategiĀ  penjualan produk merupakan hal yang pentingĀ  bagi perusahaan dimana strategi penjualan merupakan pendekatan pokok yang digunakan oleh unit bisnis dalam mencapai sasaran yang didalamnya tercantum keputusan-keputusan mengenai target pasar, penempatan produk, baruan pemasaran, serta tingkat biaya pemasaran yang diperlukan. Untuk dapat melakukan strategi penjualan produk yang lebih efektif dan efisien, maka perlu dilakukan pengolahan data penjualan. Pihak manajemen perusahaan mengharapkan adanya teknologi yang mampu menghasilkan suatu informasi yang siap digunakan untuk membantu mereka dalam mengambil keputusan strategis perusahaan. Mereka ingin mengetahui produk apa yang harus ditingkatkan, seberapa besar pencapaian hasil yang diperoleh oleh perusahaan. Metode pengolahan data seperti ini sering disebut sebagai data mining. Pada penelitian ini akan menggunakan algoritma K-Medoids untuk pengelompokan data penjualan, sehingga akan ditemukan informasi yang dapat digunakan untuk penentuan strategi penjualan produk yang tepat.

Unduhan

Diterbitkan

2021-11-05

Terbitan

Bagian

Articles