METODE FUZZY MULTI CRITERIA DECISION MAKING UNTUK REKOMENDASI PEMILIHAN MOBIL DAIHATSU PADA PT. ASTRIDO REJEKI DAIHATSU CIREBON

Penulis

  • Andre Fatiha Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Poltek Cirebon
  • Mukidin Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Poltek Cirebon

Kata Kunci:

Fuzzy Multi Criteria Decision Making, SPK, Rekomendasi Mobil Daihatsu

Abstrak

Mobil saat ini merupakan alat transportasi yang berkembang pesat. Hal ini dapat dilihat pada lalu lintas harian yang padat. Di dalam kehidupan sehari-hari meski bukan kebutuhan yang utama, mobil adalah salah satu perlengkapan transportasi yang terpenting digunakan manusia dalam aktivitas sehari-hari dikarenakan mobil berperan sebagai mobilitas manusia untuk berpindah ke suatu tempat sehingga proses penyeleksiannya harus tepat, dalam hal ini konsumen sering kesulitan memilih tipe mobil yang akan dibeli sesuai dengan kriteria spesifikasi yang diinginkan karena konsumen cenderung membandingkan spesifikasi mobil hanya berdasarkan brosur yang diberikan oleh dealer mobil. Karena hal tersebut, peneliti memiliki ide agar proses dalam penentuan pemilihan mobil dapat dilakukan dengan menggunakan suatu aplikasi sistem pendukung keputusan untuk memudahkan konsumen menentukan mobil sesuai dengan kriteria spesifikasi mobil yang diinginkan. Agar dapat menyelesaikan permasalahan tersebut, sistem pendukung keputusan ini menggunakan metode Fuzzy Multi Criteria Decision Making (FMCDM). Metode FMCDM ini memproses sejumlah kriteria dari spesifikasi mobil yang diubah menjadi suatu nilai peratingan untuk mendapatkan beberapa alternatif mobil, metode Fuzzy Multi Criteria Decision Making (FMCDM) terbukti berhasil menghitung tingkat kepentingan dan kecocokan dari kriteria dan spesifikasi mobil sesuai nilai peratingan yang telah di dapatkan sehingga memperoleh mobil dengan nilai terbaik untuk direkomendasikan. Berdasarkan perangkingan menggunakan metode FMCDM ini, mobil yang direkomendasikan adalah Alternatif 2 (A2) yakni mobil daihatsu SIGRA yang terpilih sebagai mobil terbaik mendapatkan ranking pertama dengan nilai 0,54. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode FMCDM dapat memberi kemudahan bagi konsumen PT. Astrido Rejeki Daihatsu dalam memilih, mencari, serta membandingan mobil yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan dengan spesifikasi mobil yang cocok terhadap kriteria yang telah ditentukan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-01