SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PENERIMA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DI DINAS SOSIAL KABUPATEN CIREBON

Authors

  • stikom stikom

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting (SAW), JAVA, Database MySQL

Abstract

Program Keluarga Harapan adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat MiskinĀ  dan bagi anggota keluarga diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan. Program ini, dalam jangka pendek bertujuan mengurangi beban rumah tangga sangat miskin dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutusĀ  mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan.

Agar proses pemilihan penerima program keluarga harapan di tingkat Kabupaten Cirebon dapat tepat sasaran maka diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode SAW sering dikenal dengan istilah metode penjumlahan terbobot.

Sistem pendukung keputusan pemilihan penerima program keluarga harapan ini akan dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman JAVA, serta database MySQL sebagai database server.

Published

2021-12-03