IMPLEMENTASI ALGORITMA BASE 64 UNTUK PENGAMANAN FILE TEKS DI PDAM TIRTA JATI SUMBER

Penulis

  • Irfan Ma'ruf

Abstrak

Keamanan data merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga kerahasiaan informasi terutama yang berisi informasi sensitif yang hanya boleh diketahui isinya oleh pihak yang berhak saja, apalagi jika pengirimannya dilakukan melalui jaringan publik. Apabila data tersebut tidak diamankan terlebih dahulu, akan sangat mudah disadap dan diketahui isi informasinya oleh pihak-pihak yang tidak memiliki wewenang.

Saat  ini  semua informasi file teks yang di kirim dan diterima oleh Perusahaan air minum daerah (PDAM) masih dengan mudah dibaca oleh orang yang tidak berkepentingan karena kurangnya kerahasiaan pada file teks data dan informasi tersebut dan belum adanya sebuah cara untuk mengamankan file teks data dan inforamsi.Tujuan penelitian ini untuk merahasiakan dan mengamankan file teks data dan informasi

Salah satu cara yang digunakan untuk pengamanan data adalah menggunakan teknik kriptografi yaitu dengan menyediakan isi informasi (plainteks) tersebut menjadi isi yang tidak dipahami melalui proses enkripsi (chiperteks), dan untuk memperoleh kembali informasi yang asli, dilakukan proses deskripsi. Untuk membangun aplikasi keamanan file teks penulis menggunakan  Java JDK 7.0 dan Netbeans IDE 7.2 sebagai aplikasi pendukungnya. Aplikasi ini dibuat dalam platform Window. Dalam Pembuatan desain implementasi teknik kriptografi untuk pengaman file teks dengan menggunakan algoritma Base64.

Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah Aplikasi Pengamanan File teks yang dapat merahasiakan dan mengamankan file teks data dan informasi berekstensi docx.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-03

Terbitan

Bagian

Articles