SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA BERPRESTASI DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NU KAPLONGAN

Penulis

  • Labib Hasanuddin Syafaat

Kata Kunci:

system pendukung keputusan Analytical Hierarchy Process, perangkat lunak, fleksibel, siswa berprestasi

Abstrak

SMA Nu Kaplongan merupakan sekolah menengah atas yang mempunyai tujuan dalam mendidik siswanya menjadi siswa berprestasi,sehingga siswa dituntut memiliki keterampilan dan prestasi yang baik. Sebuah instansi harus mengambil keputusan yang tepat, bila hal ini dilakukan dengan baik dan benar maka akan menghasilkan pemilihan siswa yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan kelak nanti. Untuk melakukan proses seleksi tersebut maka perlu di bentuk suatu sistem pendukung keputusan guna menyelesaikan masalah yang ada yaitu menggunakan Analytical Hierarchy Process(AHP) sebagai metode pengambilan keputusan.

Perkembangan teknologi informasi saat ini membutuhan informasi yang cepat dan akurat dalam implementasinya. Pemilihan siswa berprestasi dengan dukungan sistem pendukung keputusan merupakan salah satu implementasi perkembangan teknologi informasi. Penelitian yang menggunakan metode Analytical Hierarchy Process, dalam sistem pendukung keputusan ini menghasilkan sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan pemilihan siswa berprestasi yang biasa digunakan pada sekolah menengah atas. Kriteria yang digunakan pada sistem pendukung keputusan pemilihan siswa berprestasi ini adalah : nilai akademik, absensi dan kegiatan ekstrakulikuler.

Hasil penelitian ini adalah menghasilkan urutan rangking dari calon siswa berprestasi yang telah diseleksi, dan output dari aplikasi tersebut dapat membantu pengambil keputusan (decision maker) dalam memilih alternatif siswa yang berprestasi.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-03

Terbitan

Bagian

Articles