SISTEM ANALISIS UNTUK MENGUKUR TINGKAT KESEHATAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 BERBASIS WEB DI DESA LIGUNG LOR

Penulis

  • Muhammad Muhidin

Kata Kunci:

data mining, tingkat kesehatan masyarakat, web, metode C4.5

Abstrak

Kesehatan masih menjadi masalah yang cukup serius bagi pemerintahan Desa Ligung lor. Desa Ligung lor setiap tahunnya melakukan sensus penduduk. Dalam data sensus yang didapatkan tidak adanya informasi tentang tingkat kesehatan masyarakat sehingga masyarakat tidak dapat mempunyai informasi tentang kesehatan di wilayah Desa Ligung Lor.

Untuk mengatasi hal tersebut maka dibuatlah sistem pengukur tingkat kesehatan masyarakat berbasis web untuk mengukur dan menginformasikan tingkat kesehatan di Desa Ligung lor. sistem ini dibangun menggunakan metode C4.5 yaitu merupakan suatu pohon keturunan yang dapat menentukan suatu kondisi berdasarkan kriteria yang diinputkan, pohon keuturunan dirancang terlebih dahulu melalui perhitungan mencari Gain dan Entropy. Model pohon keturunan ini akan menentukan suatu kondisi masyarakat dapat disebut layak sehat atau beresiko.

Sistem pengukur tingkat kesehatan masyarakat menggukana metode C4.5 ini dapat menentukan kelayakan status kesehatan pada masyarakat dan dapat efisien penyampaian informasi kesehatan secara luas kepada masyarakat melalui media web.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-03

Terbitan

Bagian

Articles