SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PEMBELIAN KAPAL PENGANGKUT MINYAK MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT DI PT KAPUSIN JAYA SAMUDERA CABANG CIREBON

Penulis

  • Nina Rahmayani

Kata Kunci:

pembelian kapal, sistem pendukung keputusan, metode weighted product

Abstrak

Bahan bakar minyak (BBM) mempunyai peran penting bagi industri perkapalan di Indonesia.  Mobile bunker Agent (MBA) merupakan inovasi terbaru layanan jasa bunker service yang bergerak di bidang perdagangan bahan bakar minyak solar berjenis HSD dan MFO untuk kebutuhan industri perkapalan, pelayaran, dan pertambangan. Pelayanan MBA untuk kapal bisa menggunakan metode pengiriman ship to ship atau bunker to ship. Hal ini memberikan pengaruh yang sangat besar, dalam menangani bisnis distribusi seorang supplier atau penyalur BBM diharuskan memiliki fasilitas armada kapal pengangkut minyak yang memadai untuk melakukan pelayanan di perairan laut Indonesia.

Dari permasalahan di atas penulis menemukan gagasan untuk membuat aplikasi desktop, yang di dalamnya dapat melakukan pengolhan data armada kapal yang ingin dibeli untuk memenuhi pelayanan. Metodelogi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adlah model waterfall. Bahasa pemograman yang akan digunakan adalah microsoft visual studio. Net (disingkat VB net). Database nya menggunakan microsoft Access. Aplikasi pengambil keputusan ini menggunakan metode FMADM, dengan salah satu metodenya yaitu weighted product.

Aplikasi ini akan digunakan untuk menunjang perusahaan PT Kapusin Jaya Samudera cabang Cirebon dalam pengambilan keputusan untuk memilih armada kapal yang akan dibeli dalam klasifikasi tertentu dengan menggunakan kriteria yang di tentukan sesuai kebutuhan. Dengan tujuan waktu yang efisien dalam pengambilan keputusan pembelian armada kapal.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-03

Terbitan

Bagian

Articles