MONITORING DAN ANALISA PACKET LOSS DELAY THROUGHPUT PADA CIRCUIT CLOSED TELEVISION ONLINE MENGGUNAKAN METODE QUALITY OF SERVICE (QOS) DI PT SUCOFINDO CIREBON

Penulis

  • Rika Hilma Mawaddah

Kata Kunci:

CCTV, QoS, Quality of Service, Monitoring, Axence Net Tools, Online, IP, Internet Protocol, kualitas, trafik, jaringan

Abstrak

Sebuah perusahaan terbatas yang merupakan badan usaha milik negara yang bergerak di bidang bisnis jasa di Cirebon. Terdapat permasalahan yaitu Monitoring CCTV masih offline dan hanya terdapat diruang IT, sehingga kepala divisi dan satpam tidak dapat akses monitoring selain staf IT apabila staf IT berada diluar kantor. Perlu diterapkannya CCTV Online berbasis IP baik melalui web browser pada Personal Comuter (PC) ataupun smartphone untuk mempermudah kepala divisi dalam pembagian pemeriksaan lapangan ketika berada diluar kantor. Perlu adanya monitoring CCTV di post satpam dalam optimalisasi pengawasan pada malam hari sehingga mencegah terjadinya pencurian. Perlu adanya monitoring kualitas layanan trafik pada CCTV online.

                         Dengan membatasi simulasi monitoring CCTV online berbasis Internet Protocol (IP) dibatasi pada akses monitoring melaui web browser pada Personal Comuter (PC) atau aplikasi Infinity SE Software pada smartphone android. Pengukuran kualitas layanan trafik CCTV hanya pada parameter QoS (Quality of Service) yaitu delay, packet loss dan throughput menggunakan Axence Net Tools versi 5 bertujuan untuk membantu staf IT, kepala divisi dan satpam dalam bertugas.Untuk mempermudah kepala divisi dalam pembagian pemeriksaan lapangan ketika berada diluar kantor. Untuk dapat membantu petugas keamanan mengoptimalkan pengawasan pada malam hari sehingga berdampak baik dalam mencegah terjadinya pencurian. Untuk dapat mengetahui bahwa kualitas layanan trafik jaringan pada CCTV online berjalan tanpa gangguan. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Monitoring CCTV online baik melalui Web Browser pada PC ataupun melalui smartphone sudah dapat diakses oleh kepala divisi dan satpam dan membantu Kepala IT, kepala divisi dan satpam dalam bertugas. Monitoring kualitas layanan trafik jaringan pada CCTV menggunakan metode QoS menunjukkan bahwa trafik berjalan dengan bagus dan layak untuk digunakan karena tidak mengganggu aktifitas perkantoran lainnya yang berhubungan dengan akses internet.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-03

Terbitan

Bagian

Articles