SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BEASISWA MENGGUNAKAN METODE FUZZY TOPSIS DI AKBID GRAHA HUSADA CIREBON

Penulis

  • Teguh Firmansyah

Kata Kunci:

Beasiswa, Kriteria, OPSIS

Abstrak

Kebutuhan akan informasi yang cepat, tepat dan akurat merupakan suatu hal yang mutlak pada era yang serba cepat seperti saat ini. Keterlambatan dalam menyajikan informasi yang dibutuhkan akan menyebabkan informasi tersebut tidak relevan lagi bagi penggunanya. Salah satu jenis beasiswa yang ada di AKBID Graha Husada Cirebon adalah beasiswa peningkatan prestasi akademik yang diberikan oleh Yayasan Graha Husada (YGH). Proses penentuan penerima beasiswa masih dalam tahap manual yaitu setiap mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa harus mengumpulkan beberapa dokumen persyaratan seperti surat permohonan beasiswa, fotocopy kartu rencana studi, dan lain sebagainya yang ditumpuk dilemari sehingga rentan sekali mengalami kerusakan dan kehilangan. Dalam proses seleksinya pun masih di lakukan dengan cara perbandingan sederhana. sehingga waktu yang diperlukan cukup lama.

Dalam penelitian ini diimplementasikan metode TOPSIS (Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution) sedangakan kriteria yang di gunakan yaitu nilai mahasiswa, jumlah saudara kandung, jumlah penghasilan orang tua, jumlah tanggungan orang tua. Kemudian kriteria-kriteria tersebut akan di hitung dengan nilai yang di inputkan oleh masing-masing pendaftar hal tersebut bertujuan untuk mengolah dan menyajikan data agar lebih mudah dan cepat.

Hasil yang diperoleh dari pengujian 4 orang yaitu M1, M2, M3, M4 dengan 4 kriteria di atas di dapat nilai V akhir sebesar M1=0.49, M2=0.70, M3=0.41, dan M4=0.40 maka urutan yang paling berhak menerima beasiswa adalah mahasiswa M2,M1,M3,M4.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-03

Terbitan

Bagian

Articles