RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS UNTUK SELEKSI PENERIMAAN BANTUAN JAMKESMAS DI DESA CIPINANG KECAMATAN RAJAGALUH KABUPATEN MAJALENGKA

ABSTRAK

Penulis

  • Venny Juitasari

Kata Kunci:

AMKESMAS, Sistem Pendukung Keputusan, TOPSIS

Abstrak

Jaminan kesehatan masyarakat atau disingkat JAMKESMAS adalah sebuah program pemerintah untuk warga Indonesia yang memberikan perlindungan sosial dibidang kesehatan untuk menjamin masyarakat miskin dan tidak mampu yang iurannya dibayar oleh pemerintah agar kebutuhan dasar kesehatan yang layak dapat terpenuhi. Di Desa Cipinang masih banyak yang belum mendapatkan bantuan kesehatan dikarenakan tidak objektif dalam penyaluran bantuan.

Pembuatan Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Topsis Untuk Seleksi Penerimaan Bantuan Jamkesmas di Desa Cipinang ini menggunakan bahsa pemograman VB.NET 2010 dan MySQL . pembuatan sistem ini berfungsi untuk mempermudah pegawai dalam melakukan seleksi untuk menentukan warga yang layak menerima bantuan JAMKESMAS.

Metode yang digunakan yaitu Technique For Other Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) Adalah salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria atau alternatif pilihan yang merupakan alternatif yang mempunyai jarak terkecil dari solusi ideal positif dan jarak terbesar dari solusi ideal negatif dari sudut pandang geometris dengan menggunakan jarak Euclidean.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-03

Terbitan

Bagian

Articles