SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENENTUAN RUTE TERPENDEK LOKASI RUMAH SAKIT BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE DIJKSTRA DI KOTA CIREBON (STUDI KASUS DINAS KESEHATAN KOTA CIREBON)

Authors

  • Sendy Septriandy

Keywords:

Dijkstra, Web, Rumah sakit, Kota Cirebon

Abstract

Kota Cirebon merupakan kota yang begitu strategis karena letaknya yang berada di pesisir utara pulau Jawa sehingga Kota Cirebon banyak di lintasi oleh kendaraan dari luar Kota Cirebon. Sehingga banyak masyarakat pendatang yang berkunjung ke Kota Cirebon. Khususnya masyarakat pendatang masih banyak yang belum mengetahui lokasi rumah sakit yang ada di Kota Cirebon. Hal ini dapat membutuhkan waktu yang lama dalam mencari lokasi rumah sakit serta memperlambat dalam penanganan masyarakat pendatang yang sedang sakit.

            Untuk mengatasi hal tersebut maka dibuatlah sistem penentuan rute terpendek menuju rumah sakit di Kota Cirebon. Sistem ini dibangun menggunakan metode dijkstra, yakni metode pencarian rute terpendek menuju rumah sakit dengan menentukan titik awal dan titik tujuan kemudian membandingkan semua kemungkinan hasil pencarian sehingga mendapatkan rute yang paling terpendek dengan tampilan web geographic information system.

            Dengan adanya Sistem Informasi Geografis Penentuan Rute Terpendek Lokasi Rumah Sakit Berbasis Web Menggunakan Metode dijkstra di Kota Cirebon ini, diharapkan pengguna dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai rute lokasi rumah sakit yang terdekat agar lebih efisien dalam perjalanan dan mengurangi resiko yang tidak diinginkan terhadap masyarakat pendatang yang sakit.

Published

2021-12-03