SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PELANGGAN TERBAIK DI BATIK SALMA TRUSMI CIREBON MENGGUNAKAN METODE COMPOSITE PERFORMANCE INDEX (CPI)

Penulis

  • Nadia Dwi Apriani

Kata Kunci:

Pelanggan, Terbaik, CPI

Abstrak

Pelanggan adalah suatu aset perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan kepada pelanggan. Perusahaan berusaha menciptakan loyalitas pelanggan agar pelanggan tetap setia dengan produk yang telah digunakan selama ini. Kualitas pelayanan yang baik akan memberikan dampak positif bagi setiap konsumen. Pada saat ini proses penilaian menentukan bonus pada pelanggan pada Batik Salma masih dalam bentuk hardcopy dan keputusan dari satu pihak saja sehingga proses yang dilakukan masih belum akurat. Sistem yang akan dibuat ini merupakan sistem pendukung keputusan dengan metode Composite Performance Index (CPI) yang mampu mentransformasikan nilai menjadi seragam sehingga memperoleh nilai yang efektif. Alternatif-alternatif yang sudah terurut berdasarkan data tersebut akan membantu pengambilan keputusan sehingga memiliki penilaian yang sama terhadap satu alternatif.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-03

Terbitan

Bagian

Articles