RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN GURU BERPRESTASI DI SMK PGRI 1 PALIMANAN MENGGUNAKAN METODE MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATIONON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS (MOORA)

Penulis

  • Roby Maulana Malik

Kata Kunci:

Guru, Sekolah, Berprestasi, MOORA

Abstrak

Guru berperan penting dalam memajukan sekolah terutama peserta didik. Tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Berdasarkan buku Pedoman Penilaian Guru Berprestasi, pemilihan guru berprestasi dimaksudkan antara lain untuk mendorong motivasi, dedikasi, loyalitas, dan profesionalisme guru, yang diharapkan akan berpengaruh positif pada  peningkatan  kinerja. Peningkatan kinerja tersebut dapat terlihat dari mutu lulusan satuan pendidikan sebagai SDM yang berkualitas, produktif, dan kompetitif.

Pembuatan sistem pendukung keputusan guru berprestasi sangat dibutuhkan oleh SMK PGRI 1 Palimanan. Sistem akan mempercepat  dalam penentuan  guru berprestasi, dan juga sistem ini dapat mengevaluasi kinerja guru yang kurang. Dengan demikian Sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Multi-Objective Optimization on the basis of Ratio Analysis (MOORA) cocok untuk dikembangkan dalam sistem ini. Sistem ini akan mempermudah dalam pencarian guru berprestasi dan akan mempercepat penghitungan nilai untuk menentukan guru berprestasi

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-03

Terbitan

Bagian

Articles