PERAMALAN JUMLAH CALON MAHASISWA BARU PADA STIKOM POLTEK CIREBON MENGGUNAKAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING DAN MOVING AVERAGE

Penulis

  • Barkah Landia

Kata Kunci:

Forecasting, Moving Average, Exponential Smoothing, Jumlah Calon Mahasiswa Baru

Abstrak

Penelitian ini di lakukan untuk mempermudah kampus STIKOM POLTEK CIREBON dalam memprediksi jumlah calon mahasiswa baru di setiap tahunnya. Dengan peramalan ini juga, pihak kampus di harapkan dapat membuat estimasi terhadap sarana dan fasilitas yang mengacu kepada naik turunnya jumlah mahasiswa itu sendiri. Dengan mengetahui seluruh jumlah mahasiswa maka pihak kampus dapat meningkatkan sarana dan fasilitas untuk menunjang kenyamanan mahasiswa di dalam proses pembelajaran.

Peramalan (forecasting) adalah kegiatan yang bertujuan untuk meramalkan atau memprediksi segala hal yang terkait dengan produksi, penawaran, permintaan, dan penggunaan teknologi dalam sebuah industri atau usaha. Perkiraan ini pada akhirnya akan digunakan oleh perusahaan maupun pihak manajemen operasional untuk membuat perencanaan terkait kegiatan usaha dalam beberapa periode tertentu.  Moving average adalah metode peramalan yang menghitung rata-rata suatu nilai runtut waktu dan kemudian digunakan untuk memperkirakan nilai pada periode selanjutnya.  Exponential smoothing adalah suatu tipe teknik peramalan rata-rata bergerak yang melakukan penimbangan terhadap data masa lalu dengan cara eksponensial sehingga data paling akhir mempunyai bobot atau timbangan lebih besar dalam rata-rata bergerak.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-03

Terbitan

Bagian

Articles