SISTEM PENGELOLAAN BAHAN BAKU UNTUK MEMPREDIKSI KRISIS STOK BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN DATA MINING REGRESI DI PT. KJP (KALIAREN JAYA PLYWOOD) KUNINGAN

Penulis

  • Rahmat Mulyasani

Kata Kunci:

prediksi, data mining regresi, prediksi krisis stok bahan baku, visualbasic.net, desktop

Abstrak

  1. Kaliaren Jaya Plywood (KJP) adalah perusahaan yang memproduksi triplek. PT. Kaliaren Jaya Plywood (KJP) sudah memiliki alat untuk memonitoring pengelolaan bahan baku dan mengawasi aktifitas produksi, namun fungsinya masih belum bisa memberikan pengawasan yang cepat dan tepat. PT. KJP juga masih kesulitan dalam menentukan kemampuan produksi dan mengawasi stok bahan baku.

Prediksi dalam menentukan jumlah penggunaan bahan baku yang tepat bagi pengelolaan bahan baku di PT. KJP (Kaliaren Jaya Plywood) sangatlah penting, karena dengan adanya prediksi tersebut dapat mengetahui krisis stok bahan baku yang sebenarnya dari penggunaan bahan baku pada produksi yang akan datang. Oleh karena itu perlu dibuatkannya prediksi untuk menentukan krisis stok bahan baku di PT. KJP (Kaliaren Jaya Plywood) berbasis desktop yang dapat diakses para staff, yang bertujuan untuk mengefektifkan pengelolaan bahan baku.

Dari penelitian yang dilakukan penulis di PT. KJP (Kaliaren Jaya Plywood) akan menghasilkan sebuah aplikasi pengelolaan bahan baku untuk memprediksi krisis stok bahan baku berbasis desktop dengan menggunakan bahasa pemograman Visual Basic.net. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam mengefesiensikan jalannya produksi, karena bahan baku merupakan hal yang sangat vital dalam sebuah produksi.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-03

Terbitan

Bagian

Articles