Implementasi Simple Multi Attribute Rating Technique Untuk Menentukan Lokasi Usaha Waralaba
Kata Kunci:
lokasi usaha, wiralaba, SMARTAbstrak
Toko sembako, warung nasi, toko kue, toko sepatu dan mini market merupakan berbagai jenis usaha yang dibangun oleh para pengusaha. Minimarket waralaba adalah studi kasus yang diambil dalam penelitian ini dikarenakan persaingan usaha menjadi semakin ketat dan kompetitif. Kurangnya pengalaman dan pengetahuan para pengusaha, faktor jumlah kompetitor, pendukung usaha, pusat keramaian, kepadatan penduduk, lahan parkir, besar pendapatan masyarakat dan akses jalan serta sulit menentukan lokasi usaha yang tepat menjadi penyebab tidak berkembangnya usaha tersebut. Salah satu keberhasilan usaha waralaba dipengaruhi oleh ketepatan dalam pemilihan lokasi usaha. Lokasi usaha yang strategis akan menentukan jumlah konsumen dan keuntungan yang berpotensi meningkat. Metode yang digunakan dalam sistem pendukung keputusan ini adalah Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) yaitu merupakan metode pengambilan keputusan yang multi atribut. SMART merupakan suatu model pengambilan keputusan yang komprehensif dengan memperhitungkan hal-hal yang bersifat kualitatif dan kuantitatif. Dalam model pengambilan keputusan dengan SMART ini pada dasarnya berusaha untuk menutupi setiap kekurangan dari model-model tanpa komputerisasi sebelumnya
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ilman Kadori, Abdul Rasyid
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.