Implementasi Metode Monte Carlo Untuk Memprediksi Permintaan Produk Mebel Pada CV. Yoss Sindanglaut
Kata Kunci:
Data mining, prediksi, metode monte carloAbstrak
Salah satu masalah yang dialami pengusaha adalah ketidaksiapan ketika permintaan barang lebih tinggi dari persediaan yang ada. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan sebuah aplikasi prediksi permintaan dengan cara menganalisa data transaksi penjualan barang yang telah terjadi sehingga didapatkan suatu kesimpulan tentang prediksi jumlah permintaan pada masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem untuk perhitungan prediksi permintaan serta jumlah penjualan otomatis berbasis web dengan menerapkan algoritma Monte Carlo. Algoritma Monte Carlo juga dikenal sebagai simulasi pengambilan sampel atau teknik pengambilan sampel menggunakan model simulasi yang mencakup pengambilan nilai acak dan menghitung distribusi probabilitas dari data sehingga menghasilkan data prediksi dengan persentase kemiripan tinggi. Penelitian ini dilakukan pada CV. Yoss Sindanglaut. Hasil penelitian ini menggunakan data yang berbeda untuk melakukan prediksinya yaitu data penjualan satu minggu , satu bulan, dan dua bulan sebelumnya. Hasilnya adalah dengan metode monte carlo CV. Yoss Sindanglaut dapat memprediksi permintaan produk mebel sebanyak 14 permintaan untuk bulan April 2022 dengan keuntungan yang akan diperoleh sebesar 4.900.000,- dan nilai kesalahan atau error sebesar 12,5%.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Faisal Akbar, Faizal Anwar
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.