METODE MAXIMUM ENTROPY SELEKSI FITUR INFORMATION GAIN UNTUK ANALISIS SENTIMEN TERHADAP OPINI MAHASISWA TERKAIT IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Marina Silviani Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Poltek Cirebon
  • Igen Meyasha Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Poltek Cirebon
  • Faisal Akbar Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Poltek Cirebon

Kata Kunci:

Analisis Sentimen, Klasifikasi, Kuliah Online, Maximum Entropy, Informaton Gain

Abstrak

Strategi melawan pandemi COVID-19 dengan pembatasan sosial memaksa seluruh institusi pendidikan berhenti belajar dan menggantinya dengan pembelajaran daring. Melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah telah melarang perguruan tinggi untuk melaksanakan perkuliahan tatap muka (konvensional) dan memerintahkan untuk menyelenggarakan perkuliahan atau pembelajaran secara daring (Surat Edaran Kemendikbud Dikti No. 1 tahun 2020). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pendapat mahasiswa STIKOM Poltek Cirebon tentang pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini didasarkan pada data survei dari mahasiswa STIKOM Cirebon Poltek dan diproses menggunakan Maximum Enteropy dengan Seleksi Fitur Information Gain. Pengujian dilakukan dengan menguji sebanyak 108 komentar berbahasa Indonesia. Penelitian ini menghasilkan nilai akurasi yaitu sebesar 51% dengan nilai Precision 84%, Recall sebesar 36% dan F-measure 5%.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-01